Tuesday, November 14, 2017

Tips Cara ternak Kroto Tanpa ratu sukses

Langkah Singkat dalam Cara Ternak Kroto Tanpa Ratu

Cara Ternak kroto tanpa ratu – Terimakasih kepada para pembaca sudi mampir di blog tentang belajar ternak dan budidaya ini. Semoga pembaca mendapat manfaat dari adanya blog ini. Pada postingan kali ini kami akan berbagi bagaimana cara ternak kroto, setelah pada postngan sebelumnya telah kami posting cara ternak cacing sutra
Budidaya yang tidak kalah menariknya adalah budidaya kroto atau yang dikenal dengan semut rangrang. Akhir-akhir ini banyak yang membudidayakannya, namun bisakah semut dibudidayakan tanpa ratunya? Memang masih terdengar tabu kalau budidaya kroto tanpa menggunakan ratu.
cara ternak kroto tanpa ratau, cara ternak kroto, cara budidaya kroto, cara budidaya kroto tanpa ratu, makanan kroto, pakan kroto yang bagus, cara ternak kroto media toples, cara ternak kroto rumahan

Ternyata semut bisa dibudidayakan tanpa ratunya, karena semut pekerja dan semut prajurit juga bisa menghasilkan telur bahkan telur untuk calon ratu di masa depan. Jadi inti beternak cara budidaya kroto tanpa ratu ini adalah dengan memperbanyak semut pekerja dan semut prajurit serta memberikan makanan yang berkualitas untuk semut tersebut
Cara ternak kroto tanpa ratu yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut :

Menentukan lokasi ternak

Pertama dilakukan pemilihan lokasi untuk ternak kroto. Lokasi yang tepat perlu memperhatikan beberapa faktor yaitu faktor cahaya, udara, kebersihan, dan keamanan. Pengaturan cahaya untuk budidaya semut adalah hal yang penting untuk dilakukan. Semut ini tidak bisa berkembang secara optimal bila pencahayaan terlalu terang. Sehingga perlu diatur pencahayaannya dalam ruangan agar tidak terlalu berlebihan.
Bisa menggunakan bahan penutup agar cahaya tidak terlalu berlebihan. Selain itu, semut juga rentan terhadap suhu udara yang tidak dingin dan juga tidak panas. Suhu ideal yang bagus untuk budidaya kroto adalah 26OC hingga 34OC dengan kelembaban relatif yaitu 62% hingga 92%.
Kebersihan dilingkungan sekitar peternakan semut juga harus dijaga dengan baik karena semut sangat menyukai tempat yang bersih. Faktor keamanan juga harus terjaga dengan baik. Tempat ternak kroto harus dapat diamati dengan baik agar tidak terganggu dari ancaman predator yang mungkin memangsa kroto.

Media ternak kroto

Media ternak kroto yang baik adalah dengan menggunakan toples karena wadah ini sangat mudah digunakan untuk untuk budidaya. Selain itu, menggunakan toples juga membuat peternak bisa memantau perkembangan dari semut dengan baik.
Cara mendapatkan media ini juga cukup mudah. Cara ternak kroto tanpa ratu menggunakan toples, Anda hanya perlu mendesainnya menjadi suatu tempat peternakan yang baik. Toples perlu dibersihkan terlebih  dahulu sebelum digunakan, kemudian dilubangi sebagai ventilasi untuk sirkulasi udara.
Pakan untuk kroto
Cara ternak kroto tanpa ratu juga membutuhkan makanan untuk bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Makanan kroto tanpa ratu ini yaitu ulat hongkong, ulat pisang, cacing, jangkrik, dan belalang.Untuk bisa menghasilkan kualitas kroto yang baik diperlukan makanan yang sehat dan bisa mencukupi nutrisinya karena kroto ini diternakan tanpa ratu sehingga membutuhkan nutrisi lebih banyak.Dalam memberikan makanan juga harus teratur sehingga kroto bisa tumbuh dan berkembang secara maksimal.
Hasil panen
Dalam beternak kroto atau semut rangrang untuk menghasilkan hasil panen yang bagus dan berkualitas bergantung pada bibit semut yang diperoleh. Jika bibit yang diperoleh berasal dari kualitas baik, maka hasil panennya pun akan baik.
Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam cara ternak kroto tanpa ratu agar bisa menghasilkan semut rangrang kualitas bagus.

Demikian sedikit hal yang dapat kami sampaikan tentang bagaimana cara ternak kroto tanpa ratu. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca sekalian. 

No comments:

Post a Comment