Saturday, November 18, 2017

Cara Budidaya Lada Perdu di polybag

Cara Budidaya Lada Perdu di polybag 

Cara budidaya lada perdu - Selamat berjuang dan berdikari di tanah negeri sendiri. Terimakasih kepada para pembaca atas apresiasinya dalam blog ternak dan budidaya ini. Dimana pada postingan sebelumnya mengenai cara budidaya jamur tiram cukup mendapat sambutan dari para pembaca
Lada merupakan salah satu komoditas bumbu dapur yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia.Maka, tak heran jika tanaman yang satu ini banyak dibudidayakan oleh petani Indonesia. Untuk membudidayakan lada ada, kini ada dua cara yaitu budidaya lada panjat dan budidaya lada perdu.
Dari keduanya, cara budidaya lada perdu adalah yang lebih efisien dibanding lainnya. Budidaya lada perdu berbeda dengan budidaya lada panjat. Hal yang paling menonjol adalah bahwa budidaya lada perdu tidak membutuhkan tiang panjat.Yang mana tiang panjat kini semakin sulit didapatkan.Selain itu, budidaya lada perdu juga memiliki banyak kelebihan lainnya seperti biaya produksi lebih murah, pemeliharaan lebih mudah, dan pemanenan lebih mudah.Semuanya tanpa mengurangi produktifitas tanaman.
cara budidaya lada perdu, harga bibit lada perdu, teknik budiaya lada, lada panjat

Serta masih ada berbagai kelebihan lainnya. Untuk itu kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membudidayakan lada perdu yang menguntungkan
Untuk melakukan cara budidaya lada perdu, hal pertama dan utama yang harus diketahui dan dikuasai dengan baik adalah tentang bagaimana memilih bahan tanaman dan mutu benih berkualitas. Untuk bahan tanaman atau bibit tanaman lada bisa diperoleh melalui stek batang tanaman induk.Untuk mendapatkan tanaman lada perdu berkualitas baik, maka tanaman tersebut harus memenuhi syarat mutu benih. Lalu, bagaimana cara membuat bibit lada perdu yang baik dan benar?
·         Perhatikan kualitas lahan pembibitan lada perdu
Faktor utama keberhasilan membuat bibit lada perdu yang berkualitas adalah bagaimana interaksi antara dua faktor utama yaitu mutu benih dan lingkungan tempat dimana benih tersebut tumbuh.Untuk itu perhatikan kualitas lahan pembibitan lahan perdu agar benih mampu berproduksi secara optimal.
·         Persiapkan media tanam dan lahan pembibitan lada perdu dengan baik
Untuk media tanam yaitu merupakan campuran antara top soil (tanah bagian atas) dan pupuk kandang.Perbandingan keduanya yaitu 2:1.Lalu masukan campuran kedua bahan tersebut ke dalam polibag.Gunakan polibag ukuran 15x20 cm. Selanjutnya tata polibag di bawah rangka bambu.Setelah itu biarkan selama sekitar 2 minggu sampai ditumbuhi oleh rumput.Tumbuhnya rumput merupakan tanda media tanam siap untuk digunakan.
·         Persiapan bahan tanaman lada perdu
Setelah media tanam siap, maka selanjutnya dalam cara budidaya lada perdu adalah menyiapkan bahan tanaman. Sebelumnya sudah dikatakan bahwa bahan tanaman bisa diperoleh melalui stek. Nah, pastikan tepat dalam memilih cabang yang distek.Sebaiknya pilihlah cabang yang sudah berkayu namun belum terlalu tua.

Itulah cara membuat bibit lada perdu. Selanjutnya perlakukan bahan tanaman lada perdu dengan tepat agar kondisinya lebih baik sebelum disemaikan.Nah, jika sudah mencapai umur 4 bulan, maka bibit lada sudah bisa dipindahkan dari polibag ke lahan.Untuk budidaya lada perdu, Anda bisa memberlakukan sistem tumpang sela dengan tanaman tahunan.Bisa diperlakukannya sistem tumpang sela juga menjadi salah satu kelebihan dari budidaya lada perdu.Semakin tertarik untuk melakukan budidaya lada perdu? Maka, pelajari lebih dalam tentang cara budidaya lada perdu. Semoga sukses!


No comments:

Post a Comment