Monday, November 20, 2017

Tips cara Ternak jangkrik untuk pemula pasti sukses

Belajar Cara Ternak Jangkrik untuk Pemula
Cara Ternak jangkrik – Bagiaman kabarnya pembaca? Apakah sudah sukses dengan budidayanya? Semoga sukses selalu menyertai pembaca. Sukses juga untuk blog ternak dan budidaya ini. Seperti kita tahu bahwa di postingan yang lalu telah kita share cara budidaya lada perdu. Untuk kali ini akan kami share cara budidaya jangkrik untuk pemula
Cara ternak jangkrik bagi pemula banyak dicari untuk dipelajari. Bagaimana cara melakukan ternak jangkrik menjadi penting karena ternak serangga yang satu ini sangat menggiurkan untuk digeluti. Seperti yang kita ketahui perikanan dan peternakan merupakan bidang yang banyak digeluti oleh masyarakat Indonesia.
Kedua kegiatan tersebut sangat mudah untuk ditemukan di Indonesia.Baik Perikanan maupun peternakan banyak dijadikan sebagai bidang usaha atau bisnis oleh seseorang.Salah satu hal penting yang menunjang kedua kegiatan tersebut adalah soal pakan. Maka, akan ada rantai usaha lain yang juga menggiurkan yaitu ternak jangkrik.
pakan jangkrik, cara ternak jangkrik untuk pemula, cara budidaya kangkrik untuk pemula, cara ternak jangkrik

Jangkrik merupakan salah satu pakan yang biasanya digunakan oleh pelaku usaha peternakan maupun perikanan. Nah, jika Anda sedang mencari-cari usaha apa yang cukup menguntungkan, peluang suksesnya luas, juga cukup mudah dilakukan, maka salah satu jawabannya adalah ternak jangkrik.

Jika Anda mulai penasaran bagaimana cara ternak jangkrik bagi pemula, maka kali ini kita akan membahasnya. Setelah mengetahui seperti apa mudahnya melakukan ternak jangkrik, mungkin saja Anda makin tertarik pada bidang usaha ini. Ya, langsung saja berikut ini bagaimana pedoman teknik ternak jangkrik bagi pemula.
·         Siapkan sarana dan prasarana
Untuk memulai usaha ternak jangkrik, maka yang perlu Anda siapkan adalah sarana dan prasarana.Kita bisa memulainya dengan pembuatan kandang yang tepat untuk ternak jangkrik.Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan kandang jangkrik.Pertama, jauhkan lokasi kandang dari paparan sinar matahari. Hal ini karena biasanya jangkrik melakukan kegiatan di malam hari.sebaiknya letakkan kandang jangkrik di tempat yang gelap.
Kedua, hindarkan kandang dari tempat yang banyak dilalui oleh orang. Hal ini untuk menghindari jangkrik dari stres. Karena kita tahu sendiri jangkrik sangat sensitif terhadap manusia.
Ketiga, jaga kondisi kandang agar mirip dengan habitat aslinya. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengolesi dinding kandang dengan lumpur. Juga berikan berbagai daun-daunan, contohnya daun pisang kering. Untuk ukuran kandang biasanya peternak jangkrik akan membuat kandang persegi dengan ukuran panjang 120-200 cm, lebar 60-100 cm, dan tingi 30-50 cm. Anda bisa membuat kandangnya menggunakan bahan kayu atau triplek.
·         Pemilihan bibit dan calon induk
Untuk memulai, cara ternak jangkrik bagi pemula selanjutnya adalah pemilihan bibit dan calon induk. Tentunya harus selektif dalam memilih bibit dan calon induk.Pilihlah yang sehat dan tidak cacat. Saat memilih, perhatikan  sungut dan kakinya, pastikan tidak ada yang patah.
Calon induk untuk ternak jangkrik yang berkualitas biasanya berasal dari tangkapan asli alam bebas.Jangkrik yang berasal dari alam bebas biasanya memiliki ketahanan yang lebih dibanding yang sudah indukan. Nah, jika Anda ragu untuk memilih, maka coba cari kenalan yang tahu seperti apa bibit dan calon induk jangkrik yang berkualitas.

Sementara dua itulah yang kita bahas dalam cara ternak jangkrik bagi pemula. Jika Anda sudah semakin tertarik, maka lanjutkan pembelajaran tentang cara ternak serangga yang satu ini agar lebih mantap menggeluti usaha ternak jangkrik.


No comments:

Post a Comment