Monday, November 13, 2017

Cara ternak cacing sutra sederhana dan mudah

Cara Ternak Cacing Sutra mudah dan sukses
Cara Ternak cacing sutra Saat ini mulai banyak yang melirik bisnis cacing sutra baik bagi pebisnis pemula maupun yang sudah berpengalaman. Kebutuhan cacing sutra pada saat mulai banyak dibutuhkan apalagi bagi para peternak ikan hias dan dalam usaha pembenihan.
Hal ini membuat banyaknya pebisnis yang memulai mempelajari cara ternak cacing sutra dan membuka usaha di bidang ternak cacing sutra. Cacing sutra ini sangat berperan penting dalam usaha bisnis ikan, sehingga kehadirannya penting untuk memperlancar jalannya bisnis ikan terutama ikan hias.
ternak cacing sutra tanpa lumpur, harga cacing sutra, budidaya cacing sutra media nampan, cara ternak cacing sutra tanpa lumpur

Hal ini menyebabkan permintaan cacing menjadi tinggi dan banyak bermunculan peternak cacing sutra ini. Cara dalam beternak cacing sutra yang bisa dilakukan yaitu :
Persiapan bibit cacing sutra.
Cara ternak cacing sutra yang pertama adalah menyiapkan bibit cacing sutra yang akan dibudidayakan. Bibit cacing sutra bisa diperoleh dari alam bebas atau dari toko-toko pertanian supaya lebih praktis. Bibit cacing ini sebelum digunakan hendaknya dikarantina terlebih dahulu selama 2-3 hari. Cara mengkarantina yaitu dengan mengaliri air secara terus menerus agar bakteri dan penyakit cacing sutra yang mungkin terbawa bisa dihilangkan.
Persiapan media tumbuh.
Langkah kedua adalah mempersiapkan media tumbuh dari cacing sutra. Media tumbuhnya cukup mudah yaitu dengan mempersiapkan lumpur dengan ukuran 1x2 meter disarankan memiliki saluran air masuk dan keluar. media bisa berupa nampan atau ember. terserah yang penting ada lumpurnya. sedangkan cara beternak cacing sutra tanpa lumpur penulis belum pernah mencoba. hehe
Kemudian dibuat petakan-petakan dengan ukuran 20 cm x 20 cm x 10 cm dan di antaranya diberi lubang berjari-jari 0,5 cm. Setelah lahan dipersiapkan, kemudian lahan tersebut perlu dipupuk agar cacing sutra bisa tumbuh dan berkembang.
Pupuk yang digunakan bisa dengan pupuk kandang atau dengan ampas tahu. Selanjutnya, lahan perlu difermentasi dengan merendamnya selama 3-4 hari menggunakan air setinggi 5 cm. Dan yang terpenting dari media tumbuh cacing sutra adalah kondisi air yang baik dan sehat.
Air yang baik untuk ternak cacing sutra adalah air dengan pH sekitar 5.5 -8.0, dan suhu udara juga tidak boleh tinggi, yang baik sekitar 25 – 280 C, Sedangkan oksigen pada air sekitar 2,5 – 7,0 ppm.
Penebaran bibit
Setelah lahan siap, inilah hal yang penting diperhatikan pada cara ternak cacing sutra adalah menebar bibit cacing sutra pada lahan yang sudah disiapkan. Bibit cacing ditebar pada lahan yang sudah siap dan terus dialiri air dengan debit yang kecil dan lambat.
Pemberian pakan cacing sutra. Pemberian pakan cacing sutra dalam proses ternak adalah hal yang harus dilakukan untuk bisa berkembang biak dengan baik. Pakan yang digunakan juga harus merupakan pakan yang berkualitas. Cacing sutra makan dengan menelan makanan bersama dengan sedimennya sehingga perlu menyediakan makanan tersebut. makanan utama cacing sutra bisa berasal dari bahan organik yang bercampur lumpur atau sedimen pada dasar perairan.
Panen cacing sutra.
Hal yang sangat ditunggu-tunggu dalam cara ternak cacing sutra adalah proses panen. Panen cacing sutra bisa dilakukan setiap dua minggu sekali. Cara panennya bisa dengan menggunakan serok dengan bahan halus. Kemudian dimasukan ke dalam wadah berisi air dengan ketinggian 1 cm di atas media budidaya. Hal ini dilakukan agar cacing sutra bisa naik ke permukaan.

Demikian cara ternak cacing sutra mudah dan sederhana yang dapat kami sampaikan. Apabila terdapat kekurangan disana sini kami mohon maaf. Mungkin dimasa yang akan datang akan kami lengkapi 

No comments:

Post a Comment