Sunday, November 12, 2017

Cara ternak Ayam Petelur Bagi Pemula

Cara Ternak Ayam Petelur Bagi Pemula
Cara Ternak Ayam Petelur bagi Pemula – Hallo berjumpa lagi di blog ternak dan budidaya ini. Semoga blog ini dapat memberi sedikit manfaat kepada para pembaca semua. Terutama dalam hal budidaya. Dimana pada postingan sebelumnya telah memposting budidaya bebek petelur bagi pemula. Kali ini akan membahas budidaya ayam petelur
Telur ayam merupakan bahan baku makanan yang banyak disukai. Kandungan telur ayam yang banyak mengandung protein membuat telur ayam menjadi makanan yang baik untuk dikonsumsi setiap hari. Selain itu, usaha telur ayam juga cukup menggiurkan untuk dikembangkan.
Dalam usaha telur ayam sudah pasti harus membudidayakan ayam petelur. Cara ternak ayam petelur bagi pemula tidaklah mudah untuk dilakukan. Siapapun yang ingin beternak ayam harus memahami karakteristik dari ayam yang akan diternakan.
cara ternak ayam petelur bagi pemula, cara ternak ayam petelur, cara budidaya ayam petelur bagi pemula, cara budidaya ayam petelur

Hal ini dikarenakan berbeda jenis ayam berbeda pula cara perawatannya. Ada beberapa yang diperhatikan dalam memulai beternak ayam tipe petelur terutama untuk pemula, yaitu :
1.    Lokasi kandang
Hal pertama yang perlu dipikirkan dengan baik adalah tentang lokasi kandang ayam petelur sebagai tempat untuk beternak. Lokasi yang cocok untuk membuat kandang peternakan adalah di kawasan yang jauh dari perkampungan warga.
Pemilihan lokasi tersebut karena mempertimbangkan bahwa ayam akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Sehingga perlu memilih lokasi yang jauh dari perkampungan agar warga tidak terkena dampak dari peternakan ayam tersebut.
Selain itu, ayam tipe petelur akan mudah mengalami stres jika terjadi suatu kebisingan. Saat kondisi stres akan mengganggu produksi telurnya, sehingga dipilihlah tempat yang jauh dari perkampungan untuk menghindari hal tersebut.
Cara ternak ayam petelur bagi pemula yang baik untuk kesehatan ayam adalah dengan tetap menjaga kebersihan kandang. Kandang hendaknya dibersihkan secara rutin supaya ayam tidak mudah terkena penyakit.
2.    Pilih bibit ayam petelur yang berkualitas.
Dalam beternak ayam, memilih bibit ayam petelur yang unggul adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Pilihlah bibit yang berkualitas, tidak ada cacat fisik apapun dan sehat. Sebelum memutuskan untuk memilih beternak ayam tipe petelur harus diperhatikan terlebih dahulu tentang karakteristik dari ayam yang akan diternakan. Hal ini dapat mempengaruhi proses beternak, dan merupakan cara ternak ayam petelur bagi pemula.
3.    Pakan ternak ayam petelur yang baik dan berkualitas.
Bagi pemula, beternak ayam memang bukan hal yang mudah karena dibutuhkan ketelatenan dalam merawatnya serta harus mengurus segala hal yang diperlukan demi menghasilkan telur yang berkualitas.
Salah satunya adalah soal pakan ayam petelur. Perlu memilih pakan ternak yang sehat untuk ayam petelur. Pakan ayam bisa dipilih antara lain sentrat, jagung giling, dan tepung ikan. Pemberian pakan juga harus pas, sesuai dengan porsinya.
Selain itu, dibutuhkan variasi dalam pemberian pakan ayam agar nutrisi yang dibutuhkan ayam ternak bisa terpenuhi dengan baik. Pemberian pakan dilakukan secara teratur dan sebaiknya dalam sehari diberikan tiga kali. Selain pakan, dalam cara ternak ayam petelur bagi pemula juga perlu memberikan minum serta diberikan tambahan vitamin.
Atau terkadang para peternak ayam petelur juga mempunyai rumus tersendiri dalam memberi pakan ayam petelur. Hal ini bisa saja karena pengalaman para peternak sudah tinggi

Cara ternak ayam petelur bagi pemula adalah gambaran secara umum tentang apa yang perlu dipersiapkan dalam beternak ayam petelur bagi pemula. Ini masih gambaran umum. Tentu masih banyak kendala yang kadang tak terduga.
Hal penting yang perlu di lakukan bagi peternak ayam petelur adalah adanya guru. Anda bisa mengunjungi orang yang terlebih dahulu ternak ayam petelur, atau anda bisa bergabung ke forum-forum peternak
Itu lah sedikit pengalaman mengenai cara beternak ayam petelur yang dapat kami share. Tentu masih banyak kekurangan dalam penyampaian. Karena itu kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.


No comments:

Post a Comment